Halaman

Jumat, 18 Juli 2014

Camaba Pending Kuliah

Heyho dunia mayaaa~
apa kabar? semoga tetep 'Hitz' ye...
lama nih ga nulis apa-apa di nih blog. maklum abis ada sesuatu terjadi di nih hidup.
ada kabar gembira (bukan kulit manggis neh :v) SAYA DINYATAKAN TIDAK LOLOS SBMPTN 2014!
kenapa kabar gembira? karena gaes, apa yang udah ditakdirin sama Allah adalah apa yang harus kita terima baik-buruknya. well, ga munak aja aku awalnya tetep sedih. rasanya ditolak mentah-mentah sama SNMPTN, UMPN dan SBMPTN itu adalah tamparan yang mulus mendarat di nih hati, seriusan. aku ga bisa bayangin deh, gimana sedih dan kecewanya ortu waktu tau anak sulungnya yang diharap-harapin punya masdep cerah ini kembali gagal untuk ketiga kalinya. terus bagian mananya yang gembira? aku diterima PTN lewat mandiri? lolos UM PTS? nggak. nih ane gedein dan perjelas ya, ENGGAK.
atau ane kuliah luar negeri? sambil mimpi disamperin pangeran yang lagi nunggangin pegasus? please guys, ini dunia nyata. yang enggak ya tetep enggak. kabar gembiranya adalah... jeng jeng jeeeng!!! ane kagak kuliah sampe 1 tahun ke depan.
dari mulai temen-temen, pacar dan keluarga yang tau soal ini, sampe merambat ke tetangga lewat mulut ke mulut pada munculin tanda tanya gede yang keliatan banget di jidat mereka. why?
kembali ke entrianku yang pernah aku post di nih blog, aku pengen masuk FK di PTN lewat SBMPTN. ya karena tahun ini gagal, aku bakal coba lagi tahun depan. terus kenapa aku kagak kuliah? simple. biaya kuliah jalur mandiri PTN mahal. ortuku insyallah bisa ngebayarin, mamaku udah nyari-nyari info seputar selebriti. maksudnye seputar UM PTN tapi aku ga mau makin bebanin mereka dengan biaya UKA kuliah 1 tahun + UKT yang nominalnya rata-rata 20 jeti ke atas. mending uang segitu dibuat tambahan kalo aku keterima FK nantinya. terus apa usahaku biar aku jebol FK via SBMPTN 2015? les. yep! aku bakalan les selama 1 tahun, masalah bosen atau apalah ga apa-apa deh dibetah-betahin aje, lagian kalo beneran lolos kan syukur alhamdulillah.

aku sih ngerasa ini ganjaran yang pantas buat aku, gadis yang ga pernah serius belajar IPA sedari masuk SMP. gadis yang ngeduluin garuk-garuk kepala daripada mulai memahami materi IPA. gadis yang lebih memilih memahmi bidang yang sempet disukainya (red:bahasa). yang nggak pantas itu, pengorbanan dan doa ortuku selama ini. selama ini mereka banting tulang kerja siang-malam cuma biar anaknya ini bisa mengenyam pendidikan dan di masa depan hidup layak, sukses dunia akhirat. aku ngerasa berdosa banget sama mereka, ngerasa hina banget di mata Allah, ngerasa belum bisa ngebahagiain mereka di umurku yang udah 18 tahun ini. aku cuma bisa bikin mereka sedih, ngelus dada, istighfar. sementara adekku yang umurnya udah 11 tahun aja udah punya piala 6 biji, selalu 3 besar di kelas selama dia sekolah SD. ahelaaah... hidup tuh gini amat ya?
makanya aku ga mau nyerah buat masuk FK tahun depan. aku mau susah-susah demi sesuatu yang udah aku inginkan. kalo flashback, ada banyak faktor yang bikin aku ga lolos SBMPTN versiku. kemungkinan pertama passing grade prodi yang aku ambil tingginya selangit, ga sesuai banget sama kapasitas otak yang aku punya. kemungkinan kedua, aku kurang ibadah, kurang berdoa sama Allah, kurang amal, kurang nurut sama ortu, kurang ngaji, dll yang termasuk urusan ukhrawi. dan kemungkinan ketiga Allah ga ridho aku lolos FK tahun ini karena aku belum pantas buat jadi mahasiswi FK. dan kemungkinan terakhir yang udah pasti adalah, ini takdir.

air mata nggak bakal bikin pengumuman yang aku liat berubah jadi "Selamat anda lolos SBMPTN 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya" penyesalan juga ga bakal bikin aku bangkit dan jadi pinter. mau uring-uringan juga sama siapa? ga ada yang patut disalahin di situasi kayak gini. ini takdir Allah, cuma Allah yang tau kenapa aku ga lolos. Ada satu lagi insiden, kemaren malem omku nelfon, intinya omku rekomendasiin kuliah-kuliah yang masih bisa aku daftarin sekarang. yah you know what, namanya om kalo ponakannya ga keterima ya ikutan muter tuh pikiran. apalagi aku deket sama omku dari umur 3 tahun. entah kenapa omku mencoba memasukkan opsi lain di benakku, omku mrovokasi aku. omku bilang mending aku cari jurusan lain aja, sukses kan bukan berarti harus jadi dokter. sekarang yang penting fira kerja, bisa cari duit, bisa bantu-bantu mama. gitu katanya. aku debat CAPRES  soal masa depanku ke omku. well, mungkin omku berpikir aku didoktrin sama ayahku, disuruh pinter dan jadi dokter. enggak, begitu ayahku tau aku ga lolos SBMPTN 2014 ayahku nanyain apa aku masih minat FK? dengan mantap aku jawab iya. yah aku tau jadi dokter belum tentu sukses, jadi dokter belum tentu kaya. tapi yang aku cari cuma satu, ridho orang tua. lagian dokter kan pekerjaan mulia, bisa nyembuhin orang atas izin Allah.

pending kuliah setahun, saban hari cuma ada kegiatan les, les dan les bakal ngebosenin? pasti. ga pake enggak. tapi niatku yang segede gaban ini mengalahkan semua rasa pesimis yang ngeroyok ane dari segala sisi. omku tuh belum apa-apa juga udah ngeremehin. katanya, kemampuan fira tuh nggak cukup buat jadi dokter. terus aku jelasin makanya kenapa aku pending kuliah setahun? karena aku mau persiapin nih otak biar enceran dikit lah, biar lancip juga. eh omku masih keukeuh dan beranggapan kalo aku ga mampu masuk FK. omku juga nyinggung soal... kalo aku gagal lagi di tahun 2015. seoptimis-optimisnya aku, aku udah nyiapin plan B. kalo aku tetep ga lolos ya, aku bisa kuliah yang lain kan? berarti jadi dokter bukan takdirku. toh di tahun 2015 nanti sebisa mungkin aku ikutin ujian-ujian yang ada dengan persiapan yang lebih matang dari tahun 2014 ini.  dan omku kemudian masih menyerang dengan penegasan, berarti fira buang-buang waktu setahun dong? yah itu resiko, jawabku. terkadang aku ga tahu kenapa ada orang yang ngorbanin suatu hal demi mimpinya. sekarang ketidaktahuanku terjawab, karena untuk mencapai sesuatu yang besar, kita harus menerima resiko yang besar pula. seumpama aku gagal lagi nih (naudzubillahimindzalik), aku bakal tetep berjuang meskipun ga keterima di prodi impian. sebisa mungkin aku serius belajar biar bisa cumlaude. jadi... aku ga perlu nyesel.

yang paling penting semoga segala mimpi dan usahaku ini bukan cuma fiktif belaka. semoga aku jadi apa yang aku inginkan. aamiin... aamiin... aamiin... ya robbal alamin.

udahan dulu ye, ane belom mandi nih hahaha XD
tau kan kalo belom mandi bawaannya pengen apa? nempel teruuus sama kasur! see you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

let's comment what do you want or ask me if you have any question
eits . . . don't forget give me a suggest :)